Langsung ke konten utama

Alaska Indonesia


ALASKA di Indonesia? Ga mungkin!

Salah satu tempat yang tidak pernah sepi untuk foto Prewedding di sekitar Sukoharjo Jawa Tengah adalah ALASKA. What?

Iya, ALASKA yang terkenal dan sangat ramai dikunjungi ketika musim gugurnya. Saat dedaunan mulai menua dan berguguran. Saat rumput di bawahnya tertutup oleh daun-daun kering yang memutih, pemandangan yang terlihat adalah hamparan alas putih yang luas.

Masih di wisata alam yang murah meriah. Tak ada pungutan biaya apapun buat kamu yang mau berlama-lama berfoto suka-suka termasuk untuk prewedding. Iyup dan idum dibawah pepohonan sudah cukup membuat kami tenang dan bahagia.



ALASKA yang satu ini sebenarnya akronim dari Alas Karet, yang berada di Polokarto Sukoharjo. Alas Karet di Polokarto ini luas dan banyak sekali spotnya yang terpisah-pisah, kamu akan bingung jika hanya bertanya pada orang sekitar "dimana Alas Karet?" atau "Alas Karet yang biasanya untuk foto dimana?". Tempatnya cukup jauh dari pusat kota. Menurut pengalaman saya, orang sekitar tidak semuanya tahu dimana ALASKA yang katanya hits itu. Saya dengan Mbak Farida pernah berjam-jam mencarinya baru ketemu, padahal jika perjalanan normal tidak sampai 1 jam. Sudah bertanya kesana-kemari dan malah membingungkan. Google Map pun bingung karena mungkin spot ALASKA banyak terdeteksi.


Untuk memudahkan mencari Alas Karet Polokarto yang spotnya sering digunakan untuk berfoto, kamu bisa cari SMPN3 Polokarto terlebih dulu. Dari situ kamu harus masuk sekitar 7 menitan. Hati-hati karena jalan mendekati tujuan cukup rusak (waktu itu).

Musim penghujan membuat dedaunan ijo royo-royo. Dibulan-bulan terakhir, kamu harus mencari waktu yang tepat agar tidak terjebak hujan, karena ini alam dan tidak ada tempat-tempat seperti gazebo atau tempat berteduh lainnya. Hanya ada bangunan kecil yang biasanya untuk parkir agar tidak kehujanan. Ketika kamu kesini, tak usah repot untuk mencari tempat parkir, dimanapun kamu ingin, kamu boleh untuk memarkir kendaraan, hanya saja jangan sampai merusak pohon karet.



Selain prewedding, model, dan funshoot, tempat ini tak jarang menjadi salah satu alternatif untuk foto buku tahunan sekolah. Selain tempatnya nyaman, tak perlu keluar uang. Yap, demikian ngalor ngidul kali ini, jadi kesimpulannya memang ada ALASKA (Alas Karet) di Indonesia. haha..

Berbaur dengan alam seperti ini saja sudah cukup menghidupkan sel-sel bahagia yang sempat layu. Salah satu bahagiaku ya sesederhana ini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Batik Adi Busana Bekonang

Halo pecinta batik, destinasi kali ini akan membawamu dikenalkan dengan industri batik tulis yang berada di daerah Bekonang, kabupaten Sukoharjo, propinsi Jawa Tengah. Sedikit bercerita sejarah bahwa diera 1950-an hingga 1980-an daerah Bekonang dikenal sebagai salah satu pusat batik tulis Jawa Tengah. Namun seiring dengan perkembangan zaman, terutama setelah munculnya industri batik printing dan cap ditahun 1990-an para perajin batik tulis mulai gulung tikar. Salah satu industri yang masih berjaya hingga sekarang adalah Rumah Batik Adi Busana, industri ini mampu bertahan sejak tahun 1970-an lalu. Selain berbentuk rumah dan toko, Rumah Batik Adi Busana dirancang lengkap dengan proses produksinya yang berada di halaman belakang rumah. Mulai dari proses molani sampai penjemuran kain setelah dicuci bersih dari sisa malam yang menempel. Belum lama ini Rumah Batik Adi Busana menambah proses produksi dengan alat cap. Dilihat dari waktu pengerjaan, jelas batik cap lebih cepat daripada batik

Sentra Boneka Sayati Bandung

Sentra Boneka Sayati Bandung, salah satu tempat yang mungkin sudah tak asing lagi bagi mereka pencinta boneka di daerah Bandung. Saat berada di Kota Kembang ini aku berkesempatan mengunjungi salah satu sentra pembuatan boneka yang terletak di daerah Sayati. Sebelumnya, kami (aku dan Mbadil) banyak mencari informasi mengenai dimana saja tempat pengrajin boneka di Kota Bandung. Dua tempat yang direkomendasikan salah satu karyawan tempat kami magang adalah daerah Sayati dan Cibadak. Pada akhirnya, diputuskanlah Sentra Boneka Sayati Bandung yang menjadi destinasi kami berburu mainan lucu ini. Daerah Sayati dapat dibilang dekat dengan tempat yang kami singgahi selama magang. Hanya berjarak lima kilometer dari terminal Leuwi Panjang, kalian sudah dapat menemukan Sentra Boneka Sayati Bandung. Tampak dari depan kaca rumah Baru beberapa meter dari jalan raya, suasana kampung pengrajin boneka sudah begitu terasa. Deretan rumah memajang boneka-boneka lucu kreasi warga setempat. Se

Solo wae ~ Lembah Hijau Karanganyar

Bersama Simbah, dan Putri, bertiga bermain ke wisata Lembah Hijau yang sempat menjadi perbincangan di kampus beberapa waktu lalu. Seorang teman mengatakan, berfoto saat senja tiba viewnya bagus, ada kolam renang juga, tempat makan yang tidak biasa dan masih berbaur alam. Seperti apasih Lembah Hijau itu? Penasaran. Setelah menghadiri wisuda, dari ujung Universitas Muhammadiyah Surakarta, kami menuju Lembah Hijau yang terletak di Karanganyar. Setelah beberapa kali salah jalan, kami temukan juga wisata Lembah Hijau. Di pintu masuk terlihat tidak begitu ramai, tidak nampak tempat wisata malah. Hanya terlihat taman kecil dan gedung besar seperti pabrik yang kosong mlompong. Usai memarkir motor di depan gedung tersebut, kami masuk tanpa permisi. Entah memang masuk tidak dipungut biaya atau loket sudah tutup karena kami tiba sore hari. Semakin masuk ke dalam, kami menyusuri rintipan tanaman berpot besar memanjang menuju lokasi utama. Waktu itu kami bertemu dengan rombongan mahasiswa yang s